Harga / Upah Tukang & Pekerja Bangunan Terbaru Berbagai Bidang

Advertisement
Advertisement
Daftar Harga Upah Tukang / Pekerja Bangunan Terbaru – Mendirikan, renovasi atau memperbaiki suatu konstruksi bangunan memang diperlukan peran dari beberapa orang yang berpengalaman dalam bidang itu sendiri. Untuk sisi pengerjaan yang berkaitan dengan konstruksi bangunan pun, juga banyak macam jenisnya. Mulai dari tahap awal seperti penggalian tanah yang nantinya dibuat untuk pondasi bangunan, pembuatan besi untuk kerangka bangunan, pembuatan cor, penataan dinding bangunan berlanjut ke proses selanjutnya. Dari masing-masing jenis pengerjaan yang disebutkan, umumnya juga memerlukan tukang atau pekerja bangunan yang sesuai dengan keahlian yang biasa digelutinya. Setelah semua pengerjaan selesai dan bangunan berhasil didirikan, kemudian konstruksi tersebut selanjutnya tinggal masuk pada tahap penyelesaian.

Pada tahap finishing atau penyelesaian, sebenarnya juga masih banyak yang perlu untuk dikerjakan. Semisal pada saat pemasangan, kusen untuk jendela atau pintu, pemasangan keramik atau material lain yang dikhususkan untuk lantai, pengecatan dinding, instalasi perairan, instalasi listrik dan lain sebagainya. Harga upah tukang atau pekerja bangunan, umumnya juga berbeda-beda untuk jenis pengerjaan yang berbeda. Dimana harga upah tukang instalasi listrik, tidak menutup kemungkinan kalau berbeda dengan tukang cor beton, cat tembok, las besi pagar, pemasangan kayu, pasang keramik atau lain sebagainya. Untuk satuan atau waktu pengerjaannya juga bisa membuat upah yang harus diberikan berbeda-beda. Pada segi waktu pengerjaan, dibagi menjadi harga upah pekerja atau tukang bangunan harian dan borongan.
Daftar Harga Upah borongan tukang tenaga pekerja bangunan, cor beton, las, kayu, pipa, pasang keramik, cat, per meter, per m2, biaya instalasi listrik, harian di surabaya, pekanbaru, jakarta, medan, samarinda, batam, bandar lampung, bandung, jogja terbaru.
Harga Upah Tukang Pekerja Bangunan Terbaru (image source : peluangproperti.com)
Sedangkan untuk satuannya, harga upah tukang atau tenaga pekerja bangunan biasanya juga dihitung dari besar atau luasnya bidang yang dikerjakan. Pematokan upah berdasarkan luas atau besarnya bidang dari pekerjaan yang dilakukan, terkadang ditujukan pada tukang atau pekerja bangunan yang bergelut pada pemasangan keramik. Untuk upah pemasangan keramik, tak jarang diberlakukan harga upah / biaya pasang keramik per meter persegi atau per m2. Jika sistem penghitungan upah tidak berdasarkan besar atau luasnya bidan pengerjaan, maka penerapan sistem lainnya ada harga upah tukang atau pekerja bangunan harian atau borongan. Bagi yang belum mengetahui berapa kisaran biaya atau upah tukang bangunan dan pekerjanya, tidak ada salahnya untuk menyimak daftar sebagai berikut;

Daftar Harga Upah Tukang Pekerja Bangunan Terbaru


Daftar Upah Tukang & Pekerja Bangunan Khusus Batu

Bidang Pekerjaan
Satuan
Upah
Kepala Tukang Batu Orang / hari (7jam) Rp. 90.000,-
Tukang Batu Orang / hari (7jam) Rp. 75.000,-
Tukang Batu setengah terampil Orang / hari (7jam) Rp. 60.000,-
Pembantu tukang / kenek Orang / hari (7jam) Rp. 60.000,-
Daftar Harga Upah Tukang Kayu Terbaru
Bidang Pekerjaan Satuan Upah
Kepala Tukang Kayu Orang / hari (7jam) Rp. 95.000,-
Tukang Kayu Orang / hari (7jam) Rp. 80.000,-
Tukang Kayu setengah terampil Orang / hari (7jam) Rp. 65.000,-
Daftar Upah Tukang Bangunan Gali Tanah
Bidang Pekerjaan
Satuan
Upah
Mandor Tukang Gali Tanah Orang / hari (7jam) Rp. 100.000,-
Kepala Tukang Gali tanah Orang / hari (7jam) Rp. 75.000,-
Tukang Gali Tanah Orang / hari (7jam) Rp. 65.000,-
Daftar Harga Upah Tukang Cat
Bidang Pekerjaan
Satuan
Upah
Kepala Tukang Cat Orang / hari (7jam) Rp. 90.000,-
Tukang Cat terampil Orang / hari (7jam) Rp. 75.000,-
Tukang Cat setengah terampil Orang / hari (7jam) Rp. 65.000,-
Daftar Upah Tukang Bangunan Bidang Besi
Bidang Pekerjaan
Satuan
Upah
Kepala Tukang Besi Orang / hari (7jam) Rp. 90.000,-
Tukang Besi terampil Orang / hari (7jam) Rp. 75.000,-
Tukang Besi setengah terampil Orang / hari (7jam) Rp. 65.000,-
Daftar harga upah / biaya tukang atau pekerja bangunan terbaru seperti yang baru saja disampaikan, sebenarnya hanya sekedar kisaran atau tolak ukur saja. Karena merupakan tolak ukur, maka sebaiknya Anda tidak terlalu berpaku pada daftar di atas. Setiap daerah pastinya telah memberlakukan tarif atau biaya upah yang berbeda. Terlebih lagi biaya hidup pada setiap daerah juga berbeda-beda. Semisal di Semarang, Depok, Bekasi, Tangerang, Bali, Bogor, Karawang, Batam, Medang, Malang, Surabaya, Sidoarjo dan Yogyakarta, beberapa daerah ini tentunya telah menentukan harga upah atau tarif yang berbeda-beda. Setiap tahun pun perubahan tarif mungkin umumnya juga terjadi. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda bernegosiasi terlebih dahulu mengenai upah yang harus dikeluarkan dengan tukang atau pekerja bangunan yang akan Anda perkerjakan.

Advertisement