Tips Cara Termudah Memilih Keramik Lantai / Dinding yang Bagus

Advertisement
Advertisement
Cara Memilih Keramik – Dinding dan lantai dari ruangan-ruangan seperti kamar mandi dan dapur, memang memerlukan lapisan agar menjadi lebih menjanjikan. Terlapisinya lantai dan dinding dengan material tertentu pada beberapa ruangan tersebut dimaksudkan supaya dinding atau lantai bisa jadi lebih awet. Pasalnya dinding begitupun lantai kamar mandi dan dapur, pada umumnya seringkali terciprat atau bahkan tergenang air. Oleh sebab itu, pelapisan diperlukan agar kedua bidang itu dapat bertahan dari cipratan air. Dan adapun material yang bisa dipergunakan untuk melapisi lantai atau dinding dapur dan kamar mandi salah satunya adalah keramik. Setiap jenis keramik memboyong bandrol yang berbeda-beda. Dimana harga keramik lantai, tidak menutup kemungkinan kalau berbeda dengan harga keramik dinding.

Jenis keramik yang dapat dipergunakan untuk melapisi lantai dan dinding kamar mandi, sebaiknya dibedakan. Sesuai dengan spesifikasi dan kegunaannya, pemilihan keramik pada dinding kamar mandi yang terbilang cukup tepat salah satunya adalah dari jenis keramik dinding untuk kamar mandi. Sedangkan untuk lantai kamar mandi, penggunaan jenis keramik lantai yang sesuai untuk lantai kamar mandi juga direkomendasikan. Pernyataan sedemikian rupa, ada baiknya jika juga diterapkan pada penggunaan keramik terhadap dapur. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan pemasang keramik pada ruangan-ruangan tertentu. Dan adapun hal seperti yang dimaksud, diantaranya adalah cara menghitung kebutuhan keramik dan cara memilih keramik lantai / dinding.
cara memilih keramik yang bagus untuk dinding dapur, berkualitas, benar, lantai, teras, pasang, rumah minimalis, rumah kecil, ukuran keramik lantai, warna keramik lantai ruang tamu, warna keramik dapur mungil, keramik untuk teras rumah, sempit, tangga, sesuai fungsi ruangan, meja dapur, memilih keramik dinding kamar mandi, desain keramik sederhana kombinasi, merk roman, model motif keramik lantai terbaru buat rumah yang bagus, jenis keramik dinding yang baik, paling murah.
Tips Cara Memilih Keramik Lantai & Dinding (image source : kompas.com)
Dengan mengetahui cara menghitung jumlah kebutuhan keramik lantai dan dinding, diharapkan bisa meminimalisir hal-hal yang cenderung kurang diinginkan. Menghindari terjadinya kekurangan jumlah keramik saat proses pemasangan berlangsung adalah salah satu keuntungan yang diberikan oleh metode tersebut. Ketepatan pemilihan motif, ukuran serta kualitas yang memuaskan, cukup mungkin didapatkan jika mengetahui cara memilih keramik lantai atau dinding dapur dan mandi yang bagus, baik dan benar. Terlepas dari itu semua, bagi rekan-rekan yang hendak melakukan pemasangan keramik pada rumah minimalis atau dengan desain lainnya, maka tidak ada salahnya jika sebelumnya menyempatkan diri untuk menyimak beberapa tips mengenai cara memilih keramik yang telah diringkas sebagaimana berikut ini;

I. Menyesuaikan Ketersediaan Anggaran & Kebutuhan

Tips mengenai cara memilih keramik lantai atau dinding dapur, kamar mandi atau ruangan-ruangan lainnya yang pertama adalah dengan menyesuaikan anggaran yang tersedia berbanding dengan kebutuhan. Pilihlah keramik dengan merk biasa, tetapi tetap memiliki kualitas serta motif atau desain yang tidak jauh berbeda dengan merk mahal pada umumnya.

Disamping itu, selalu pastikan terlebih dahulu bahwa keramik yang dipilih sesuai dengan kebutuhan agar mampu menghemat biaya atau budget yang dikeluarkan. Salah satu upaya yang paling penting dalam ini adalah memahami bagaimana cara menghitung kebutuhan keramik lantai atau dinding yang diperlukan sesuai dengan luas ruangan yang akan dipasangi material tersebut.

Meskipun harus menghemat pengeluaran biaya, namun sebaiknya lebih memperhatikan beberapa ruangan yang perlu untuk dipasang dengan keramik yang memiliki kualitas mumpuni. Semisal untuk ruang tamu begitu juga ruang keluarga yang mana sering digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, saudara, teman atau kerabat dekat. Mengingat perihal itu, alangkah baiknya keramik yang dipasang pada dinding dan lantai ruang tamu maupun ruang keluarga mempunyai kualitas tinggi.

II. Menentukan Ketepatan Ukuran & Tonality Dalam Satu Ruangan

Tips mengenai cara memilih keramik untuk lantai maupun dinding rumah yang berikutnya adalah mengenai ketepatan ukuran dan tonality terhadap suatu ruangan. Pastikan bahwa pemilihan ukuran dan tonality keramik tepat dengan ruangan yang hendak dipasangi keramik, baik tepat pada segi lantai maupun dinding dari sebuah ruangan itu sendiri.

Apabila kedua hal tersebut tidak terpenuhi, maka sangat disayangkan sebab nantinya kenyamanan saat mendiami ruangan mungkin akan sulit untuk didapatkan. Disamping itu, setiap sisi ruangan yang tampak indah atau sesuai dengan motif keramik yang dipasang, tentunya akan memberikan kesan yang elegan, sehingga mampu memicu kenyamanan pada setiap penghuninya.

Dengan demikian, guna menciptakan suasana yang kondusif dan harmonis pada rumah tangga, maka pastikan tidak salah memilih ukuran keramik serta warna atau motif keramik yang akan dipasang pada ruangan-ruangan tertentu. Terlebih untuk pemilihan keramik pada ruang tamu, ruang keluarga, dapur ataupun kamar mandi yang terdapat pada setiap rumah yang dihuni.

III. Pastikan Mendapat Garansi Saat Membeli Keramik

Cara memilih keramik lantai atau dinding rumah minimalis juga tertuju pada pemilihan tempat atau toko pembelian material itu sendiri. Saat membeli keramik pastikan bahwa nantinya pihak toko memberikan garansi pada keramik yang Anda beli. Dengan berlakunya garansi tersebut, maka Anda akan mendapatkan jaminan terhadap keramik yang telah dibeli.

Jika keramik yang sudah dibeli dalam kondisi kurang sempurna misalnya retak atau cacat, maka segera mungkin Anda dapat mengembalikannya kepada pihak toko sesuai dengan kesepakatan yang diberlakukan dengan adanya garansi. Oleh karena itu, jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan adanya garansi ketika hendak membeli keramik, atau bahkan barang apa saja yang sekiranya pantas untuk diberi garansi.

IV. Memilih Bidang Permukaan Keramik

Bidang permukaan yang ada pada keramik lantai, ada beberapa jenis. Adapun untuk jenis-jenis seperti yang dimaksud, diantaranya ialah glossy (mengkilap), satting (berserat) dan matte atau bertekstur. Pastikan pemilihan keramik yang akan Anda pasang pada ruangan-ruangan tertentu, sesuai dengan jenis dari bidang permukaannya. 

Untuk kamar mandi yang mana seringkali terkena atau bahkan tergenangi oleh air, maka bisa dipastikan bahwa pemilihan keramik yang kurang tepat pada ruangan ini ialah keramik dengan bidang permukaan glossy atau mengkilap. 

Jika tetap dipasang keramik dari jenis tersebut, maka nantinya lantai kamar mandi akan menjadi licin yang bisa mengakibatkan hal-hal yang kurang diinginkan. Sering terpeleset merupakan salah satu kejadian buruk yang akan menimpa saat berada di dalam kamar mandi yang mempunyai bidang permukaan licin.

Cara memilih keramik lantai dan dinding seperti yang baru saja disampaikan merupakan beberapa tips yang berhasil dipublikasikan dengan melibatkan sumber-sumber tertentu sebagai referensinya. Mengingat hal tersebut, maka cukup wajar jika pada nantinya didapati kesamaan antara tips yang telah disajikan dengan pihak lain yang mana juga sama-sama memberikan tips cara memilih keramik. Disamping itu, tips-tips di atas hanya berupa asumsi yang setidaknya bisa rekan-rekan pergunakan sebagai acuan ketika hendak memilih keramik. Untuk memperoleh hasil yang lebih memuaskan, konsultasi dengan tukang atau pekerja bangunan yang lebih berpengalaman dengan berbagai macam jenis keramik, tergolong sebagai salah satu upaya yang tepat.
Advertisement